Friday, 25 October 2019

10 BUNGA TERMAHAL DI DUNIA, ADA YANG ASLI BUNGA INDONESIA LOH!



Bunga adalah salah satu benda istimewa, yang jika dijadikan hadiah kepada seseorang, tentu akan sangat spesial.

Bunga juga merupakan simbol berbagai hal. Mulai dari kebijaksanaan, rasa terima kasih, cinta yang tulus dan sebagainya. Namun ternyata beberapa harga dari benda istimewa ini sungguh diluar dugaan.

Jika diurutkan, kedalam 10 besar bunga termahal di dunia, berikut ini adalah 10 bunga termahal di dunia dikutip dari situs therichest.com dimulai dari urutan yang terbesar. Dan beberapa diantaranya tumbuh di Indonesia. Dan yang pasti, bukan bunga Bank ya!
Are you ready?!


10. Hydrangea

Meskipun hydrangea atau bunga bokor adalah salah satu bunga paling mahal di dunia namun masih tergolong terjangkau lho. Harga dari bunga ini sekitar 7 dolar atau Rp.90.000,- hingga Rp.100.000 per tangkai.

Tanaman ini berasal dari Amerika dan Asia Selatan tetapi telah beradaptasi dengan baik di negara lain seperti China, Jepang dan Indonesia.

Tinggi hydrangea bisa mencapai 3 meter. Bunga ini menonjol karena warnanya yang cantik dan bentuknya yang sangat indah. Bunga ini mudah tumbuh dan tidak perlu perawatan khusus.

Yang menjadikan bunga ini sedemikian mahal selain warna dan bentuknya, bunga ini hanya dapat bertahan sebentar setelah sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Selain itu kita juga dapat mengatur warna dari bunga ini sesuai kehendak. Karena  warna kelopak hydrangea tergantung dengan PH tanah tempat ia tumbuh.

Makanya wajar ya, jika di Indonesia kita jarang melihat bunga hydrangea ini dijadikan dekorasi pernikahan. Sebab harga per tangkainya begitu mahal.

Jadi bagaimana? Apa kamu tertarik membudidayakan hydrangea di pekarangan rumah? Atau bahkan bisa jadi lahan bisnis kan..


9. Gloriosa

Gloriosa ini merupakan tanaman asli Indonesia loh. Selain di Indonesia gloriosa juga dapat ditemukan di negara Asia tropis lainnya serta Afrika.


Setiap kuntum bunga ini dihargai $10  atau Rp.140.000,- hingga Rp.150.000'- ! Harga yang fantastis untuk 1 kuntum bunga saja.

Bunga ini termasuk langka sehingga mendapat perhatian khusus.  Warnanya yang cerah dan bentuknya yang unik menjadikan bunga ini salah satu bunga termahal di dunia.

Bunga ini menjadi lambang ambisi dan kesuksesan sehingga banyak dijadikan hadiah bagi seseorang yang mulai kuliah atau baru mendapat pekerjaan baru.

Meski demikian, harga gloriosa ini belum ada apa-apanya dibanding dengan deretan bunga mahal di dunia selanjutnya.

8. Lisianthus

Lisianthus disebut pula kembaran mawar. Ia mekar setahun sekali dan hanya tumbuh di daerah yang hangat seperti Yunani. Namun kini bunga ini telah dapat beradaptasi tumbuh dengan baik di tempat-tempat yang lebih panas seperti Amerika Selatan Karibia dan Meksiko.


Harga dari lisianthus mencapai $35 per tanaman atau Rp. 490.000,- Wow!! Meski mudah dikembangkan, yang menjadikan bunga ini sangat mahal adalah tradisi dan budaya yang melekat pada bunga ini.

Bunga ini melambangkan ikatan abadi antara dua orang sehingga banyak orang menjadikannya sebagai buket pernikahan, dekorasi serta pilihan sempurna untuk diberikan kepada seseorang yang penting.

7. Lily of the Valley


Bunga putih kecil yang memiliki aroma manis ini sesungguhnya adalah tanaman beracun. Lily of the Valley hanya tumbuh di penghujung musim semi mendekat mendekati musim salju.


Menurut legenda yang beredar di Eropa dan Amerika, bunga ini muncul ketika air mata Bunda Maria menyentuh tanah ketika putranya terbunuh. Legenda tersebut menambah eksotis bunga yang juga menjadi bunga nasional Finlandia ini.

Bunga ini sebenarnya sangat umum dan populer sebagai dekorasi pernikahan, buket maupun dekorasi taman dan ruangan. Namun Lily of the Valley menjadi bunga yang paling mahal di dunia dalam hal biaya dan perawatan,  sehingga dihargai $50 per tanaman atau mencapai Rp.700.000,- per tanaman.

Wow fantastis ya.

6. Tulip bulb (Sempre Augustus abad 17)


Hari gini rasanya sulit jika membayangkan negeri Belanda tanpa taman bunga tulip mereka yang berwarna-warni sepanjang berkilo meter.


Tulip memang menjadi lambang dari negara tersebut. Bunga ini tersedia di hampir semua supermarket atau pasar dengan harga yang cukup murah. Namun tahukah kalian, di masa yang lalu bunga tulip pernah menjadi salah satu barang yang berharga fantastis?

Hal ini terjadi pada abad 17 dimana bunga tulip merupakan bunga yang langka sehingga memiliki tingkat spekulasi tinggi karena tingginya permintaan.

Pada masa itu, barang siapa berhasil membiakkan tulip, ibarat mendapat durian runtuh!! Tapi tanpa sakit kena duri. Hehehe.

Sehingga banyaklah pakar-pakar tumbuhan khususnya pemulia tulip berlomba untuk mengembangkan tanaman ini hingga menemukan varietas baru.

Adalah sempre augustus yang mampu terjual  seharga 10.000 gulden! (Auto nangis). Kalau saat ini uang itu senilai hampir 5.700 US Dollar! Hanya untuk satu umbi tanaman saja!! (Auto kejang).

Harga yang sangat fantastis mengingat pada masa itu jumlah itu cukup untuk membeli properti atau membiayai hidup yang nyaman selama bertahun-tahun.

Kalau dirupiahkan pada saat itu kira-kira harganya jadi berapa ya? Bisa membiayai hidup nyaman satu provinsi kayaknya.

Nah, inilah 6 urutan teratas bunga termahal di dunia. Penasaran dengan 5 besar lainnya? Cek postingan ini ya.. 

Luv!

#bloggermedan
#7haringeblog
#menyambutharibloggernasional

No comments:

Post a Comment