Monday, 23 November 2015

PUSPA BANGSA YANG KAYA MANFAAT




Siapa yang tidak kenal bunga bangsa yang satu ini. Melati merupakan puspa bangsa, salah satu jenisnya yakni melati putih (Jasminum sambac) merupakan bunga nasional Indonesia. Melati merupakan tanaman yang diistimewakan banyak suku dan kebudayaan di seluruh dunia.


Melati merupakan tanaman bunga perdu dari genus semak-semak berbatang tegak dan termasuk keluarga Oleaceae.  Melati mampu hidup hingga bertahun-tahun di daerah beriklim tropis dan hangat. Sementara ini telah ditemukan 200 spesies melati asli namun hanya beberapa diantaranya saja yang dibudayakan untuk kepentingan sosial dan ekonomi. Beberapa diantaranya adalah:


Melati telah dibudidayakan secara luas di seluruh dunia karena keindahan bentuk, aroma serta manfaat yang terkandung di dalam tumbuhan tersebut seperti bunga tabur, bahan industry minyak wangi, kosmetika, farmasi, rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum, serta teh.



Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya ASI. Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati juga digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit seperti bisul. Bunga dan daunnya bisa juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati bau mulut, sariawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan untuk mencuci wajah.

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai obat demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang paru-paru, brontchitis, dan asma. Tingtur akar Jaasmine sambac (ekstrak dalam alkohol) memiliki khasiat kuat sebagai penenang sedativa, anastesik dan penyembuh luka. Akar yang ditumbuk juga bisa dijadikan tapal untuk mengobato keseleo dan patah tulang.


sumber: 
www.wikipedia.org
www.latin-wife.com

www.1000macammanfaat.com
www.123rf.com

No comments:

Post a Comment