Thursday, 26 November 2015

LEGENDA SANG RATU BUNGA


Orang telah menemukan makna dalam bunga sepanjang sejarah. Bunga adalah bagian dari kehidupan kita dari lahir sampai mati, dan mereka kehadiran simbolis di hampir setiap peristiwa besar dalam budaya di seluruh dunia, mulai dari pernikahan, kelahiran bayi, hingga pemakaman.

Bunga melati adalah sang  "ratu bunga. Bunga mungil ini selalu mendapat andil dalam setiap upacara di berbagai kebudayaan di seluruh dunia. Bunga sederhana dengan aroma memabukkan telah menyebar dari Asia Tengah ke seluruh dunia, dan banyak budaya melampirkan berbagai arti dan makna pada bunga melati.

Di Inggris, melati atau Jasmine di kenal sebagai bunga pernikahan, dalam berbagai budaya nusantara melati juga selalu dikaitkan dengan pengantin atau pernikahan. Pada acara tertentu banyak wanita yang menyematkan kuntum melati di sanggul mereka.  Pada masayarakat Hindu, melati juga merupakan bunga penting yang wajib ada pada upacara keagamaan.

Pada era modern, keanggunan dan kekuatan kuntum melati tidak pernah pudar.  Justru semakin  menguatkan identitas mereka sebagai “Ratu bunga”, tidak hanya sebgai hiasan, berbagai mitos mengenai kecantikan, asmara, hingga mistis banyak dihubungkan dengan bunga melati khususnya melati putih.

Berikut ini merupakan kepercayaan yang seringkali dihubungkan dengan bunga melati, yang mungkin saja dapat membantu Anda dalam menyampaikan perasaan kepada seseorang melalui bunga melati
.
1.      Lambang Harapan
Melati dengan kuntum putih dan keharuman semerbak merupakan symbol harapan kepada Ilahi. Dalam kepercayaan Hindu Bali, pohon melati selalu di tananm di kuil-kuil. Dalam kebudayaan Jawa kuno, bunga melati wajib ada sebagai persembahan bagi Dewata.

2.      Simbol Cinta Dan Kebahagiaan
Di Filipina terdapat istilah “sampaguita”  yang merupakan rangkaian kalung melati. Sekali waktu pasangan bertukar kalung sampaguita sebagai symbol ikatan suci mereka. Hal itu sama dengan bertukar cincin pada zaman sekarang.

3.      Lambang Senssualitas dan Asmara
Ada sebuah keyakinan tradisional Asia yang menyatakan bahwa keharuman melati dapat menembus jiwa dan membuka emosi. Di Mesir kuno, Cleopatra menggunkan minyak melati untuk memikat Marc Anthony. Dan hingga kini, melati masih menjadi primadona dalam industry parfum.

4.  Simbol Keceriaan, rahmat dan keanggunan
Di Victoria, Inggris harum melati merupakan symbol keramahan dan keceriaan. Selain itu melati Victoria merupakan pelengkap rasa malu dan kerendahan hati. Jika melati mekar, masyarakat selalu bersorak dan bersyukur karena begitu sulitnya melati tumbuh di iklim dingin.


Demikianlah apa kata bunga melati kali ini. Selain keindahannya, melati juga dikenal dengan manfaat dan mitos-mitos yang berkembang di sekelailingnya. Terutama di kebudayaan Asia dan Eropa.




sumber isi dan gambar:
www.wikipedia.og
www.amazon.co.uk
www.shaadi.com.my
www.pinterest.com
www.telegraph.co.uk

No comments:

Post a Comment