Wednesday, 18 June 2014

RAGAM MAWAR (BAGIAN 1)

Hm, jika berbicara tentang bunga satu ini, siapa yang tidak mengagumi keindahan rupa dan keharumannya yang khas. Bisa dibilang mawar adalah bunga yang paling populer di seluruh dunia. Penggunaannya dalam berbagai acara dan tradisi hingga kuliner dan pengobatan membuat kepopuleran genus rosa ini tak surut dimakan waktu.

Secara umum banyak ahli botani yang mengklasifikasikan mawar berdasarkan bentuk, habitat dan keturunannya. Secara umum, bunga mawar digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  •  Mawar Liar (Wild Rose)



Mawar jenis ini mungkin adalah mawar yang paling asli tanpa ada persilangan. Spesies jenisnya diperkirakan lebih dari 100 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Mawar ini memiliki bau yang harum dan tumpukan mahkotanya sedikit atau tidak ada sama sekali. Mawar liar sangat mudah dibudidayakan karena memiliki daya tahan terhadap penyakit yang tinggi, oleh sebab itu batang bawahnya biasa dipilih untuk penyilangan jenis yang subur.

  • Mawar Rambat (Climbing Rose)


Jenis ini sepertinya tidak begitu familiar di Indonesia, karena mawar ini mampu tumbuh subur di udara beriklim dingin. Mawar ini tumbuh merambat di dinding atau pagar dan berberombol, oleh karena itu mawar jenis ini termasuk pula ke dalam jenis mawar semak. Warna bunga yang dihasilkan climbing rose cukup beragam, namun yang populer adalah pink dan putih. Mahkotanya bertumpuk penuh dengan ukuran sedang, ketika sudah mekar, mawar jenis ini mampu bertahan lebih lama

  • Mawar Taman (Old Garden Rose)


Old garden rose merupakan pencetus berbagai mawar hibrida yang ada pada saat ini. Semenjak diperkenalkan sebagai hasil persilangan pertama kali pada tahun 1867, mawar ini diminati banyak orang sebagai penghias taman. Bentuk kelopaknya yang indah serta baunya yang harum, membuat kedudukannya sebagai mawar hias tidak tergantikan hingga saat ini. Beberapa jenis mawar taman ini antara lain Alba, Tea, Bermuda Mysterious Rose, Portland, Bourbon, Damask dan lainnya.

  • Mawar Taman Modern ( Modern Garden Roses)


Mawar jenis ini merupakan turunan dari old garden rose yang memiliki bentuk dan warna yang lebih beragam. Salah satu yang paling terkenal adalah Buck Rose, buck rose adalah mawar hibrida hasil penemuan seorang ahli holtikultura yang berasal dari Iowe State University  yang bernama Professor Griffith Buch. Buch menemukan satu jenis mawar taman yang tahan pada penyakit dan musim dingin.

  •  English Rose


Sejak berbagai penyilangan beberapa jenis mawar berhasil dilakukan, maka semakin banyak jenis mawar hibrida yang berhasil dikembangkan dengan warna, bentuk dan  keunggulan masing-masing. English rose merupakan jenis mawar yang dikenal sebagai hasil persiangan antara Old Garden Rose (mawar taman biasa) dengan modern garden rose (mawar taman modern). English rose disukai karena memiliki kelopak yang indah dan berbau harum, selain itu English rose juga mampu berbunga dalam jangka waktu yang lama.


Demikianlah beberapa jenis bunga mawar yang diklasifikasikan secara umum, dari keempat jenis ini banyak dihasilkan turunan-turunan dan hasil persilangan hingga saat ini. Hasil persilangan dari beberapa jenis mawar-mawar ini secara modern dikenal dengan mawar hibrida. Mawar hibrida sendiri juga memilki berbagai jenis dari setiap negara berbeda yang Insya Allah akan dibahas pada artikel selanjutnya. Demikianlah sekilas mengenai berbagai jenis mawar, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

No comments:

Post a Comment