Friday, 25 October 2019

10 BUNGA TERMAHAL DI DUNIA, ADA YANG LEBIH DARI 2 MILYAR !!


Hai semuanya, setelah kemarin aku posting 10 bunga termahal di dunia bagian pertama, sekarang aku lanjutin bagian selanjutnya yaitu 5 besar dari 10 bunga termahal di dunia.

Kalau 5 bunga kemarin saja sudah membuat aku auto nangis sampai auto kejang (Efek lebay). Yang selanjutnya ini membuat aku auto speechless deh karena harganya sampai milyaran rupiah dan bahkan ada juga sampai yang tidak ternilai karena para ahli belum bisa memastikan harga yang sesuai untuk bunga tersebut.

Yuk kita simak, dimulai dari urutan paling besar hingga ke nomor satu.

5. Safron crocus

Bunga dengan dominasi warna ungu ini biasanya mekar setahun sekali selama musim gugur. Bunga ini banyak dibudidayakan di Yunani, Iran, Maroko dan India.


Bunga ini membutuhkan perawatan dengan biaya yang besar. Namun sebenarnya tidak terlalu rumit dalam hal pemeliharaan untuk ditanam di pekarangan rumah.
Lantas mengapa bunga ini masuk ke dalam deretan 10 bunga termahal di dunia?
Jawabannya ternyata bunga ini merupakan bahan dasar dari saffron yaitu salah satu rempah termahal di dunia. Dibutuhkan delapan puluh ribu kuntum bunga untuk 500 gram saffron.

Safron merupakan benang sari dari bunga ini. Satu kuntum crocus menghasilkan tiga helai safron. Dibutuhkan banyak pekerja untuk memisahkan benang safron dari kelopaknya secara manual dan hati-hati. Lalu dikeringkan dengan teknik khusus pula. Sehingga bisa dibayangkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan demi segenggam saffron.


Satu pon saffron bisa dihargai US$2000 hingga US$10.000 (Rp.140.000.000,-) tergantung kualitas safron itu sendiri. Dengan harga yang begitu fantastis, menjadikan saffron bahan pangan termahal di dunia bahkan mengalahkan caviar. Hingga ia pun dijuluki sebagai red golden atau emas merah.

Jadi jelas saja mengapa bunga ini begitu mahal, bukan karena keindahannya namun karena rempah yang dihasilkan dari bunga ini.

4. Rothschild's Orchid (Anggrek Emas Kinabalu)

Anggrek rothschild Kinabalu adalah salah satu bunga paling mahal dan paling langka di dunia. Bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987 dan hampir punah sehingga kini harganya mencapai US$5000 pertanaman dan bisa lebih mahal lagi jika sudah menampakkan bunganya.

Anggrek langka ini berasal dari taman nasional Kinabalu di Malaysia. Selain memiliki warna, bentuk, kelopak yang unik dan menarik, anggrek ini membutuhkan waktu 15 tahun untuk berbunga dan mekar sempurna. Maka wajar saja jika ia masuk kedalam jajaran bunga paling mahal di dunia.

Namun anggrek ini sesungguhnya tidak diperjualbelikan karena merupakan spesies yang dilindungi yang terancam punah. Tanaman ini membutuhkan kondisi-kondisi khusus untuk tumbuh, oleh karena itu hanya ditemukan secara liar di Taman Nasional Kinabalu.

Oleh karena itu pula bunga ini diperjualbelikan secara ilegal di pasar gelap (Black market).

3. Shenzhen nongki Orchid

Merupakan anggrek paling berharga di dunia dan juga salah satu yang paling mahal yang pernah terjual.

Para peneliti dari Shenzen nongke University of China menghabiskan hampir satu dekade untuk mengembangkan bunga hijau ini. Bunga ini sangat sulit untuk berkultivasi.  Butuh 5 tahun bagi tanaman ini untuk menunjukkan bunga pertamanya.


Yang menjadikan bunga ini begitu mahal melebihi rothschild Orchid of Kinabalu yakni  pada tahun 2005 bunga ini pernah dilelang dan seorang pembeli anonim telah membayarnya dengan harga lebih dari US$ 200.000 . Lebih dari 2 MILYAR COY!!!

Otomatis menjadikan anggrek Shenzhen nongke bunga termahal yang pernah dibeli sampai hari ini.

2. Juliet Rose

Juliet rose juga dijuluki sebagai mawar tiga juta poundsterling. Itulah jumlah yang dikeluarkan oleh David Austin seorang pemulia mawar asal Inggris untuk menciptakan bunga tersebut.


David membutuhkan waktu 15 tahun untuk menciptakan Juliet Rose dan menghabiskan biaya sebesar tiga juta poundsterling atau sekitar lima juta dolar Amerika.

Mawar Ini pertama kali diperkenalkan kepada publik di Chelsea flower show pada tahun 2016. Orang-orang yang hadir sangat terpesona oleh kesempurnaan kelopak dan warna peach dan aprikot dari bunga mawar ini. Harumnya yang menarik juga membuat mawar ini digemari berbagai kalangan.

Selain itu, mereka juga terkesan dengan harga yang dihabiskan untuk menciptakan bunga ini. Oleh sebab itulah Juliet Rose menjadi karya David Austin yang paling terkenal sekaligus menjadi bunga termahal di dunia.

Jika ingin mendapatkan bibit mawar ini kamu bisa memesannya di situs resmi David Austin seharga US$28.50 saja.

1. Kadupul Flower

Menurut kamu, apasih hal yang begitu sangat berharga di dunia? Bisa jadi bunga kadupul adalah salah satunya.

hingga saat ini bunga kadupul dianggap sebagai bunga paling eksklusif di dunia dan hanya tumbuh di beberapa bagian negara Sri Lanka.

Bunga ini sangat berharga karena langka dan eksotis. Ia tidak dapat dibudidayakan karena kondisi-kondisi khusus. Ia juga tidak dapat dipanen sehingga sulit untuk diperjualbelikan.

Sebenarnya kadupul adalah kaktus. Ketika berbunga, ia hanya mekar di malam hari selama beberapa jam saja. Bunga kadupul akan layu ketika menjelang subuh.

Bunga kadupul berwarna putih cerah sehingga sangat kontras ketika mekar di malam hari. Bunga ini juga memancarkan aroma yang menyenangkan dan indah sehingga menjadi inspirasi wewangian beberapa parfum dunia.

Karena beberapa kondisi khusus dan cenderung misterius lah yang menjadikan bunga kadupul menjadi tidak bernilai atau priceless. Mungkin suatu saat nanti ketika bunga ini telah berhasil dibudidayakan, maka kita akan tahu berapa harga yang sesuai untuk membeli bunga kadupul ini.

Penutup
Demikianlah 10 bunga termahal di dunia yang ternyata beberapa diantaranya tumbuh di Indonesia. Bagaimana menurut kamu? Apa kamu tertarik untuk membudidayakan salahsatunya atau bahkan membelinya sebagai hadiah orang yang spesial?


#bloggermedan
#7haringeblog

No comments:

Post a Comment