Saturday, 10 August 2019

MENGENAL LEBIH DALAM KONSEP GROW HAPPY DALAM TUMBUH KEMBANG ANAK BERSAMA LACTOGROW


Rabu, 7 agustus 2019 kemarin aku berkesempatan lagi mengikuti workshop parenting yang digagas oleh Nestle lactogrow.

Tahun ini acara tersebut dilaksanakan di junction cafe Medan. Suasana yang nyaman dan rundown cara yang meriah menjadi ciri khas event ini. Sehingga antusiasme peserta sudah terasa sejak awal tiba di lokasi.

Workshop ini terbagi atas tiga sesi yang pertama diisi oleh Pramudita sarastri yang merupakan brand ambassador Nestle lactogrow.   Sesi kedua diisi oleh dokter spesialis anak dokter ariani dewi widodo, sesi yang ketiga ada psikolog Elizabeth Santosa.

Sudah terbayang bagaimana menariknya ilmu-ilmu yang akan diberikan oleh para pakar tersebut.

Langsung aja aku ceritakan keseruan event  yang kali ini bertema :

"Dukung kesehatan dan kebahagiaan anak dengan pola asuh grow happy bersama Nestle LACTOGROW."

MEET PRAMUDITA SARASTRI



Tak lama setelah MC membuka acara, ibu cantik dua anak Pramudita Sarastri menyapa kami semua. Sebagai Brand Ambassador, ia menjelaskan pentingnya dukungan orang tua untuk anak tumbuh bahagia. Untuk itu, Nestle lactogrow menggelar rangkaian workshop grow happy parenting happy strong di inside out di 8 kota di Indonesia.

Mengapa tema ini yang dipilih? Karena karena Nestle percaya agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal orang tua harus memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak.

HAPPINESS

Masih dari penjelasan mbak Dita. Ia menjelaskan tentang happiness atau kebahagiaan. Kebahagiaan itu apa sih dan mengapa kita wajib membesarkan anak dengan gembira?

Salah satu jawabannya adalah karena seorang anak yang bahagia memiliki kesempatan yang lebih tinggi dalam hal kesehatan dan kesuksesan di masa depan.

Lalu pertanyaannya bagaimana kita membesarkan anak yang bahagia? Ada tiga cara yakni keterlibatan orang tua, stimulasi dan nutrisi.

Saluran cerna merupakan otak kedua manusia, karena dapat mempengaruhi perasaan dan suasana hati. Hal ini tentu berkaitan dengan nutrisi yang diberikan oleh orang tua.

Sedangkan keterlibatan orang tua dan stimulasi harus dilatih sejak kecil.
Nah Mbak Dita di sini lebih menekankan kepada nutrisi. Grow happy dimulai dari pilihan yang tepat memberikan nutrisi untuk si kecil.

Sebab Kebahagiaan sejak kecil merupakan fondasi yg menentukan  kebahagiaan anak ketika dewasa.


HUBUNGAN PENCERNAAN YANG SEHAT DENGAN KEBAHAGIAAN ANAK





Masuk ke sesi kedua, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) menjelaskan tentang pencernaan sehat untuk anak bahagia dan pintar.  Ia merupakan seorang konsultan gastrohepatologi rumah sakit anak dan Bunda Harapan Kita.

"Pencernaan sehat pada anak sangat penting untuk dilindungi karena sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna sehingga sangat rentan dimasuki oleh bakteri, virus dan penyakit yang mana 75%  dimulai dari usus atau pencernaan."

Sebagaimana ucapan hipokrates yang mengatakan bahwa semua penyakit dimulai di dalam usus.

PENTINGNYA PROBIOTIK DALAM TUBUH

Apa sih probiotik itu? Masih dari penjelasan dokter Ariani. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika di atur dalam jumlah yang memadai akan memberikan manfaat kesehatan pada tempat hidupnya.

Probiotik harus memiliki tiga syarat:
1. Mikroorganisme harus hidup
2. Dua jumlahnya cukup
3. Memberikan manfaat kesehatan

Sedangkan peran bakteri baik untuk kesehatan anak yakni:
1. Menjaga kekebalan tubuh
2. Mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna
3. Melindungi dari penyakit
4. Mendukung kesehatan saluran cerna
5. Melindungi usus dari mikroba atau zat berbahaya lainnya.

Pada dasarnya asam lambung itu dapat membunuh semua bakteri dan mikroorganisme termasuk pula bakteri baik meskipun umumnya bakteri baik lebih kuat ketimbang mikroorganisme lainnya.

Makanan yang kita makan mampu membantu probiotik dalam tubuh kita bertahan hidup. Mengapa demikian?

Yang pertama karena makanan membantu bakteri baik melewati saluran cerna.
Yang kedua dapat mengandung prebiotik alami atau buatan. Prebiotik adalah makanan bagi probiotik yang biasanya ditemukan dari hasil fermentasi makanan.

Jika mengkonsumsi makanan dengan prebiotik secara rutin secara tidak langsung kita turut memberi makan bakteri baik sehingga tidak mudah rusak.
Yang ketiga makanan juga berfungs sebagai penyedia zat nutrisi Lain bagi tubuh.


PERAN PROBIOTIK DAN LACTOGROW

Jenis probiotik yang terbukti bermanfaat bagi manusia yaitu: lactobacillus SPP, bacterium SPP,  saccharamyches boulardii dan beberapa spesies ecoli.

Dalam susu pertumbuhan Nestle Lactogrow terkandung lactobacillus reuteri. Mengapa lactobacillus reuteri?
1. Dapat bertahan hidup pada pH rendah dan lingkungan yang diperkaya enzim.
2. Dapat menempel pada epitelium untuk interaksi host-probiotik
3. Berkompetisi dengan mikroorganisme patogen.
4. Yang terpenting adalah keamanan

Bakteri baik dapat mempersingkat durasi penderita diare akut berkurang hingga 30%. Lactobacillus reuteri membantu mengatasi konstipasi. Lactobacillus reuteri baik untuk kolik bayi. Lactobacillus reuteri menghasilkan vitamin B12 yang mana vitamin B12 ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.


PROBIOTIK DAN HAPPINESS

Peran probiotik dalam mengubah suasana hati menurut M. carabotti, dari proses sumbu microbiotia usus hingga ke otak. Probiotik secara paralel menurunkan pelepasan kortisol karena stres dan perilaku depresi menurut Emeran A. Mayer 

Perawatan probiotik yang diberikan pada anak tikus dapat mengurangi perilaku cemas. Gabungan probiotik menyebabkan peningkatan belajar dan ingatan pada model diabetes sebagaimana probiotik mempengaruhi fungsi kognitif
Probiotik juga menjaga kesehatan usus lalu menyambung sumbu usus otak yang baik sehingga mengurangi kecemasan dan depresi kemudian memengaruhi neurogenesis hippocampal sehingga menghasilkan kognitif yang lebih baik dalam belajar dan mengingat.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaannya dalam kondisi sehat.

Dokter spesialis anak Dr. dr. Ariani Dewi widodo, Sp.A(K) mengatakan kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik.

Diantara sekian banyak probiotik, lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yogurt.


GROW HAPPY DARI KACAMATA PSIKOLOGI



Selain memastikan asupan nutrisi anak, orang tua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak. Psikolog Elizabeth Santosa M.Psi,Psi, SFP, ACC mengatakan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur.


Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi dan lebih bahagia. Orang tua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak misalnya berolahraga bersama karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologi dan fisik.


(Kajian lebih lanjut mengenai Grow Happy dari Kacamata Psikologi, akan aku tulis tersendiri dipostingan blog selanjutnya)


TENTANG NESTLE LACTOGROW

Nestle lactogrow merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun keatas yang mengandung lactobacillus reuteri, omega 3 dan 6, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral yang terdiri dari Varian plain, vanila dan madu.

Diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle research center Switzerland untuk membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia grow happy.

TENTANG NESTLE INDONESIA

Nestle Indonesia merupakan anak dari perusahaan Nestle, produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Swiss.

Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan ke afiatan telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 189 negara dengan lebih dari 2000 merk yang seluruhnya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

Nestle Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3700 karyawan Nestle Indonesia memiliki 3 pabrik di Indonesia yang memproduksi susu makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti Dancow Milo lactogrow cerelac Kitkat, bearbrand, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat, luv!


6 comments:

  1. Banyak banget peran Lactobacillus reuteri ya mba..
    Secara gak langsung, selain membuat perut nyaman, juga mendukung si kecil menjadi happy.

    Selain perut nya udah happy, ibunya juga gak kalah penting bikin anak happy juga ya..
    Biar semuanya seimbang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap mbak.. Perut bagaikan otak kedua kita. Dari perut naik ke hati.

      Delete
  2. Anak Grow Happy, ibu feel happy. Ibu feel happy, anak grow happy. Smg kita termasuk ibu yg selalu feel happy itu ya, kak 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga kita bisa mengibaskan segala macam yg bikin galau. Baik galau ibunya juga galaunya si anak. 😄

      Delete
  3. Senangnya sekarang udah ada susu yg mengandung bakteri baik 😍 kayak Lactogrow

    ReplyDelete
  4. Iya.. Dan anakku juga suka. Hehehe

    ReplyDelete