Thursday, 6 December 2018

ADA APA DENGAN EMPAT TAHUN INDONESIA KREATIF?


Yaps! Pagi-pagi udah berjibaku dengan si debay demi menghadiri event yang happening nih dari KOMINFO. Bertempat di Hotel Grand Aston Medan, Jumat, 7 Desember 2018 kementerian komunikasi dan informatika mengadakan talk show dan Flash Blogging di Medan.

Dibuka oleh Ibu Farida Dewi Maharani, Plt. Kasubdit Media Cetak Kominfo para peserta antusian mendengarkan materi yang isinya tuh, berkenaan dengan empat tahun indonesia kreatif. Sesi pertama diisi oleh Bapak Handoko Darta selaku Tim Komunikasi Kepresidenan yang memaparkan tentang bagaimana agar Indonesia  dapat beranjak dari negara berkembang menuju negara maju. Daaan tonggak dari itu semua dimulai dari anak-anak muda.

Jadi anak muda kini dapat dikategorikan kedalam beberapa kategori menurut keahliannya di bidang masing-masing sebagai berikut:

1. KREATOR
Ternyata banyak orang indonesia yang bekerja di bidang ekonomi kreatif! Kreator yang dimaksud disini meliputi banyak aspek yang berhubungan dengan kreatifitas seseorang. Bisa jadi musisi, penulis, content creator, pengusaha dan sebagainya.

Data pada tahun 2017 kemarin menunjukkan bahwa 17,43 % orang Indonesia bekerja di Ecraf atau Ekonomi kreatif. Mengetauhui potensi dari para kreator bidang ini, pemerintahpun meluncurkan berbagai kebijakan, salah satunya adalah Go Start Up Indonesia, sebuah platform yang mempertemukan pelaku start up dengan para investor. Selain itu adapula Program Ultra Mikro untuk membantu orang-orang yang tak terjangkau perbankan.

2. PEDULI
Adalah orang-orang yang memiliki jiwa sosial tinggi. Anak muda yang termasuk dalam ketegori ini biasanya memilih untuk menjadi relawan dan bekerja sebagai BASARNAS maupun relawan di lembaga-lembaga kemanusiaan.

3. ORANG BIASA
Menurut bapak Handoko, anak muda dengan kategori orang biasa adalah para pekerja maupun fans. Orang-orang yang berkemauan bekerja setelah mereka menyelesaikan sekolah mereka. Ataupun fans yang bekerja keras dan menghasilkan uang demi mendukung idolanya.
Jadi intinya, kategori orang biasa ini adalah orang-orang yang bekerja untuk orang lain.

4. PAHLAWAN
Merupakan kelompok anak muda yang memilih jalan perjuangan, ecielieh.... bahasanya wkwk. Okelanjut! Contoh kategori pahlawan adalah para atlit, kini semakin banyak anak-anak muda dengan potensi luar biasa memilih mendedikasikan diri mereka menjadi atlit dikarenakan support pemerintah yang juga semakin 'ramah' kepada para atlit. Seperti pengangkatan jadi PNS, peningkatan bonus bagi peraih medali hingga jaminan hari tua untuk para pemegang medali emas.
Hm.. Dengan ini moga-moga tidak ada lagi cerita kelam veteran olahraga Indonesia yang memprihatinkan di masa depan.

5. CENDEKIAWAN
Nah, kalau golongan ini aku bingits waktu jaman sekolah sampai kuliah dulu.. cuma ya.. gak kesampaian karena banyak hal. hehehe. Salah satunya karena kesempatan mendapat beasiswa kuliah lanjuta ataupun pertukaran pelajar be;lum seterbuka sekarang.

Kalau sekarang sih enak ya, banyak tuh aku dapat broadcast-broadcast tentang beasiswa dalam dan luar negeri. Ternyata oh ternyata hal ini tidak lepas dari upaya pemerintah dalam meningkatkan dana pendidikan APBN yang sebagaiannya diperuntukkan untuk program beasiswa doktoral, LPDP, anak berprestasi dari kalangan tidak mampu dan anak-anak dari daerah 3T.

6. EXPLORER
Nah, ketika kategori ini disebut seisi ruangan langsung riuh tuh! Nampak kali kalau anak Medan doyan melalak ya kan.. hehehe..
Ternyata jalan-jalan alias melalak aja jaman sekarang ini bisa menghasilkan loh.. Anak muda dengan kategori ini nih biasa disebut pecinta alam, travel blogger dan vlogger.

Pemerintah sendiri melihat kategori in sebagai lahan yang menjanjikan. Demi mendukung orang-orang ini, pemerintah memfasilitasi dengan pembangunan insfrastruktur secara massive serta pengembangan 10 destinasi wisata mulai dari Danau Toba hingga Labuan Bajo.

Beliau juga memaparkan bagaimana kinerja pemerintahan dalam selang waktu 5 tahun terakhir. Bagaimana pembangunan infrastrukur di daerah pelosok. Betapa kemajuan melesat cepat. Indonesia memfokuskan membangun infrastruktur justru di luar Jawa Membangun dari pinggiran.

Dan yang seru dan bikin gak monoton, Pak Handoko menghadirkan beberapa konten berupa meme dan video kreatif buatan netizen. Dan, cara inipun sukses membuat seisi ruangan terhibur.

Bagaimana cara memajukan Indonesia? Ada 3 hal yang saat ini difokuskan pemerintah. Ketiga hal tersebut yakni pembangunan infrastruktur, SDM yang berkualitas dan kebijakan yang pro perubahan. Mulai dari lautnya hingga peningkatan rasio elektrifikasi nasional, sehingga makin banyaklah warga yang menikmati listrik ya kan..
Akhir kata, Pak Handoko menyampaikan beberapa tips untuk maju, yaitu:
1. Kenali dirimu, kenali minatmu.
2. Tetap usaha pada minat tersebut.
3. Evaluasi diri; Apa yang perlu terus dilakukan, dinilai dan dihentikan.

Jangan pernah lelah mencintai Indonesia! Mencintai Indonesia berarti mendukung Indonesia maju.
Dari keenam kategori diatas, kira-kira kamu masuk kategori yang mana? Kalau aku sih, karena gagal jadi cendekiawan, sekarang ada di golongan Kreator Insya Allah.

Sebagai salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia, Indonesia menjadi sasaran empuk kaum pemecah belah berbau SARA dan politis. Maka hati-hati Hoax! Saring sebelum sharing. Itu penting! Apalagi di era banjir informasi seperti sekarang ini. Gunakankanlah media sosial secara bijak. Manfaatkan media sosial untuk berbagi konten positif dan hal-hal yang bermanfaat.

Yuk mari anak muda! Majukan Indonesia dimulai dari jarimu!



No comments:

Post a Comment