Wednesday, 12 August 2015

ANYELIR, SIMBOLIS MAKNA RIBUAN TAHUN



 


Carnation atau di Indonesia dikenal dengan nama anyelir merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer. Tanaman ini biasa dibiakkan sebagai bunga potong ataupun tanaman hias dalam pot. Nama ilmiahnya adalah Dianthus Caryophyllus, dipercaya bunga ini berasal dari Mediterania. Namun karena ketenaran dan keindahan bentuknya, anyelir menyebar ke seluruh penjuru dunia dan telah dibiakkan hingga memiliki 500 varietas.

Ciri Umum
Umumnya ada dua jenis tanaman ini yaitu jenis spray yang memiliki banyak bunga setiap tangkai dan bunga yang hanya memiliki satu bunga pada setiap tangkai. Bunga ini memiliki kelopak yang bertumpuk seperti mawar dengan tiap tepian kelopaknya membentuk gerigi. Anyelir memiliki warna-warna cerah seperti merah, kuning, pink, putih dan beberapa warna lain serta warna warni kombinasi hasil dari penyilangan. Anyelir termasuk tumbuhan perennial, oleh sebab itu ia mampu hidup selama 18 bulan hingga 2 tahun. Batangnya tegak lurus hingga ketinggian 2 meter dengan garis pusat batang berdiameter 1 cm. Setiap kuntum anyelir umumnya memiliki single atau double blooms dan memiliki lima petal.

Mitos dan Kepercayaan
Dengan sejarah lebih dari 2000 tahun, Carnation sangat populer di negeri Eropa sehingga melingkupi sisi kehidupan mereka dengan legenda-legenda seputar bunga tersebut.  Kepercayaan yang telah meluas carnation sebagai simbol cinta dan pernikahan bersama dengan kipas dan merpati. Karena makna simbolis tersebut banyak bangsawan yang menempatkan carnation pada lukisan mereka.

Awal mula nama carnation sendiri seringkali menimbulkan perdebatan diantara para pemuka agama, intelek dan ahli sejarah. Beberapa pihak meyakini bahwa nama carnation berasal dari kata "Corone" yang artinya penobatan atau karangan bunga. Hal ini merujuk pada penggunaan bunga ini sebagai mahkota pada ritual-ritual upacara Yunani masa lalu. Pendapat lain mengatakan bahwa carnation diambil dari kata "Incarnacyon" yang melambangkan reinkarnasi Tuhan dalam wujud manusia dalam kepercayaan Kristen.

Hal ini didasari oleh kepercayaan bahwa bunga ini pertama kali muncul dari air mata perawan Maria. Legenda ini juga yang membuat carnation melambangkan cinta kasih seorang ibu dan selalu ada pada peringatan hari ibu. Dan pendapat terakhir mengatakan nama bunga ini berasal dari bahasa Latin "Carnis" atau daging, karena bunga ini berwana pink atau merah muda seperti daging. 
 
Pada perkembangannya, Anyelir menjadi bunga nasional negara Spanyol dan menjadi kebanggaan warganya. Di negara tersebut anyelir senantiasa digunakan dalam acara-acara tertentu seperti peringatan hari guru, hari ibu dan pernikahan. Dalam tarian tertentu, para gadis menyelipkan anyelir di telinga mereka. Bunga ini dianggap melambangkan rasa terima kasih, kebanggaan, keindahan, kasih sayang dan kekaguman. Bunga ini juga mewakili orang-orang yang lahir di bulan januari negara bagian Ohio, Amerika Serikat, mengambil anyelir merah atau Scarlet carnation sebagai bunga negara mereka.
Namun sebagaimana bunga lain, penyimbolan makna dari anyelir juga seringkali disesuaikan dengan warnanya. Simbol warna yang diwakili oleh carnation sangat banyak dan unik, seperti warna pink yang berarti kasih sayang atau cinta sejati, putih yang berarti keberuntungan atau cinta yang murni serta merah yang berarti kekaguman atau cinta yang mendalam, dan lain sebagainya.


Habitat Penyebaran
Anyelir dapat tumbuh subur di dataran tinggi antara 1000 hingga 1800 meter diatas permukaan laut. Di tanah yang subur dan kondisi yang sesuai anyelir dapat dipanen sepanjang tahun. Oleh karena itu banyak petani yang tertarik membudidayakannya sebagai komoditas bunga potong.
 
Lahan yang cocok bagi bunga potong adalah tanah gembur bertekstur liat yang memiliki PH antara 5,5 hingga 6,7. Selain tanah yang subur, pembiakan anyelir juga membutuhkan drainase yang baik. Pembiakan bunga anyelir yang paling mudah adalah dengan cara stek batang, namun untuk mendapatkan variasi warna baru dilakukan dengan cara penyilangan.

Manfaat Kesehatan
Selain dikenal dengan maknanya yang tersirat, anyelir juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan penyembuhan beberapa macam penyakit karena terbukti banyak mengandung saponin. Bagian yang digunakan adalah kuntum bunga serta daunnya yang sudah dikeringkan. Pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan daun dan kuntum bunga anyelir untuk meringankan gejala serta menyembuhkan diare, wasir, infeksi saluran kencing, kencing batu dan sembelit. Selain itu anyelir juga bisa dijadikan bahan campuran obat penenang, anti radang serta obat pembengkakan pada kulit.

Demikianlah beberapa informasi menarik mengenai anyelir yang cantik dan terkenal. Selain memiliki rupa  menawan dan makna yang tersirat, ternyata anyelir juga berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Hal tersebut merupakan salah satu bukti kuasa Tuhan. Betapa Allah tidak menciptakan satu makhlukpun di dunia ini dengan kesia-siaan namun justru mendatangkan berjuta manfaat bagi manusia.



https://artmatters.ca/wp/2010/01/
http://www.cocaflower.com/bunga-anyelir.php
http://www.americanmeadows.com/ohio-state-flower

No comments:

Post a Comment