Tuesday, 1 July 2014

RAGAM MAWAR BAGIAN 2

Setelah membahas klasifikasi bunga mawar secara umum pada tulisan sebelumnya, kali ini penulis tetap membahas ragam jenis bunga mawar, namun lebih spesifik dan aktual. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa bunga mawar memiliki daya tarik tersendiri hingga membuatnya bertahan sebagai penghias halaman maupun bunga potong. Begitu banyak jenis mawar populer di seluruh dunia, namun tidak semua orang tahu nama dan klasifikasi dari bunga tersebut.

Sesungguhnya mawar-mawar yang ada saat ini merupakan hasil penyilangan dari keempat jenis mawar yang telah dijelasnya pada tulisan sebelumnya. Biasanya nama yang disematkan menjadi nama satu jenis mawar adalah nama penemunya atau pengkreasi hibridanya, namun setelah tahun 90an hingga sekarang, nama jenis mawar sudah semakin fleksibel dan bunga yang dihasilkan juga semakin unik. Berikut ini adalah beberapa jenis mawar hibrida atau persilangan yang paling populer dan masih eksis hingga saat ini.

1. Abraham Darby


Jenis mawar ini masuk ke dalam kategori English Roses, ditemukan oleh Abraham Darby dan memulai debutnya pada tahun 1990. Sebagaimana karakteristik English Roses, Abrahan Derby memiliki kelopak yang menumpuk penuh. Tumbuhan ini dapat tumbuh setinggi 5 – 6 kaki. Terdiri dari tiga warna yaitu merah muda, kuning dan apricot. Selain memiliki bentuk yang menawan, mawar ini juga memiliki aroma yang menyegarkan. Daya tahan Abrahan darby juga tangguh sehingga banyak orang membudidayakannya hingga saat ini.

 2. Albéric Barbier


Merupakan varietas yang banyak disarankan oleh pecinta kebun. Mawar ini dikenal memiliki daya tahan yang kuat terhadap serangan berbagai penyakit. Mawar ini tumbuh melandai hingga merambat sehingga masuk ke dalam kategori climbing roses atau mawar rambat. Dengan warna putih yang creamy, Albéric Barbier tampak memesona dijadikan tanaman penghias taman, didukung oleh aromanya yang kuat dan kelopak yang bertumpuk.



3. Archduke Charles


Mawar jenis ini sangat rupawan dengan warna mahkota merah muda pada pusatnya, kemudian berubah menjadi merah menyala di luarnya dan merah gelap yang solid pada kelopak yang lebih tua, sangat cantik dan kompak. Mawar jenis ini sangat baik ditanam dibawah sinar matahari langsung, karena akan mempercepat proses ‘bunglon’ mahkotanya. Pohon mawar ini berdiri tegak dan rapi, artinya bukan termasuk kategori mawar semak atau rambat. Mawar ini mampu tumbuh hingga 3 atau 5 kaki.


4. Hybrid Tea Roses

Jenis mawar hibrida adalah jenis yang paling populer dan jenisnya terus bertambah hingga saat ini. Hybrid tea roses adalah jenis hibrida yang paling difavoritkan dan banyak memenangkan kontes-kontes mawar. Mulai dikembangkan pada akhir abad ke- 19, varietas ini memiliki ciri bentuk bunga yang besar, berbunga tunggal, tunas tinggi dan tegak. Dari kategori ini sendiri ada beberapa nama mawar yang sempat mencuri perhatian pecinta taman karena selain bentuk dan warna yang indah, hybrid tea ini juga memiliki daya tahan yang baik.

4.1. Awareness

Termasuk ke dalam Hybrid Tea Roses klasik, memili ki keharuman yang kuat dan mekar lebih lama. Kelopaknya besar dan berwarna merah muda yang lembut, dengan tumpukan mahkota yang menonjol sempurna.

4.2. Belami

Biasa digunakan sebagai bunga potong. Kelopaknya yang menumpuk penuh dan lebar membuat bunga ini menjadi populer. Meski tidak terlalu harum, namun belami membawa nuansa lembut dan romantis, oleh karena itu mawar ini sering menjadi pilihan untuk buket pengantin ataupun wedding table scape.

4.3. Double delight

Mawar ini benar-benar digemari karena keunikan warna dan keharumannya. Mawar asal Amerika serikat ini mampu mekar hingga sebesar telapak tangan orang dewasa. Mawar ini pertama kali diperkenalkan tahun 1977, tunasnya tumbuh tegak dan tahan banting. Melalui perawatan dan pemangkasan yang sesuai, mawar ini mampu mekar terus-menerus dan tahan lama.
Demikianlah ragam bunga mawar yang populer dan menjadi rekomendasi para gardener. Jika ingin mendapatkan bunga dengan jumlah kuntum yang maksimal, maka perawatan yang dilakukan juga harus maksimal. Sebagian besar mawar di atas memang tumbuh di lokasi dengan suhu udara yang tidak terlalu panas, namun dengan penanganan yang benar, mawar-mawar tersebut juga mampu hidup di suhu udara tropis seperti Indonesia.

No comments:

Post a Comment