Saturday, 24 May 2014

SEJARAH BUDIDAYA MAWAR


Mawar memiliki sejarah panjang dan berwarna-warni. Mawar telah menjadi simbol cinta, kecantikan, perang, dan politik. Menurut bukti fosil, bunga mawar berusia 35 juta tahun. Di alam, genus Rosa ini memiliki sekitar 150 spesies yang tersebar di seluruh belahan bumi utara, dari Alaska ke Meksiko dan termasuk Afrika Utara. Budidaya kebun mawar dimulai sekitar 5.000 tahun yang lalu, mungkin di Tiongkok. Selama periode Romawi, mawar ditanam secara luas di Timur Tengah. Mereka menggunakan mawar sebagai confetti di perayaan, untuk tujuan pengobatan, dan sebagai sumber parfum.

Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, popularitas mawar tampaknya naik dan turun tergantung pada tren berkebun masa itu. Selama abad kelima belas, mawar digunakan sebagai simbol untuk faksi perjuangan di Inggris.Pada masa itu, mawar putih melambangkan York, dan mawar merah melambangkan Lancaster, sebagai hasilnya, konflik tersebut dikenal sebagai "War of the Roses."

Permintaan tinggi akan mawar terjadi pada abad ketujuh belas karena royalty mawar atau air mawar dianggap sebagai legal tender dan sering digunakan sebagai barter dan alat pembayaran. Istri Napoleon, yaitu Josephine memiliki kebun koleksi mawar pribadi di Chateau de Malmaison, perkebunan tersebut seluas 7 km di sebelah barat Paris pada 1800-an. Taman ini menjadi tempat bekerja Pierre Joseph Redoute yang dikenal sebagai pelukis atau ilustrator botani. Pada tahun 1824, ia menyelesaikan koleksi cat air nya "Les Rose," yang masih dianggap salah satu catatan terbaik dari ilustrasi botani.

Tidak sampai akhir abad kedelapan belas budidaya mawar modern diperkenalkan ke Eropa dari Cina. Kebanyakan mawar medern dapat ditelusuri kembali ke keturunan ini. Perkenalan ini membuat mawar tersebut tidak biasa dan menarik bagi para hybridizer. Mulai saat itu, mawar sekali lagi menikmati kebangkitan popularitas, khususnya mawar semak dan mawar taman tua. Tukang kebun menyadari bahwa mawar ini sesuai dengan gaya hidup pada saat itu. Telah dikenal pula bahwa mawar-mawar tersebut berkaitan dengan pengendalian penyakit, menawarkan kualitas bunga yang sangat baik, memiliki tahan banting musim dingin yang sangat baik, dan masuk ke dalam perbatasan semak dan kebun abadi tanpa terlihat tidak cocok pada tempatnya.

Demikianlah sejarah singkat perkembangan budidaya mawar di seluruh dunia. Mawar memang telah diketahui memiliki khasiat bagi estetika dan kesehatan. Selain itu posisinya juga memegang peranan penting dalam peradaban manusia melebihi jenis bunga lainnya. hal inilah yang membuat bunga mawar atau rose menjadi begitu spesial.

No comments:

Post a Comment